Kamis, 14 September 2017

Tips Manajemen Waktu Untuk Mahasiswa

Biasanya, semakin mendekati ujian, kita baru memikirkan bagaimana manajemen waktu yang bener dan bagaimana cara mengorganisasikan hari-hari agar seimbang antara kehidupan pribadi, kuliah, kegiatan kampus dan lainnya. 

Oleh karena itu, sebaiknya kita luangkan waktu untuk menyusun skala prioritas, agar ke depannya kita tetap berada di jalur yang tepat hingga masa ujian. Setidaknya hal ini dapat mengurangi stress, yang akan membedakan antara keberhasilan dan kegagalan selama di universitas.

1. Apa yang harus kita lakukan?

Hal pertama yang kita lakukan untuk meningkatkan manajemen waktu kita, adalah untuk mengetahui apa saja yang harus kita lakukan. Meskipun sebenarnya kita sudah mengetahuinya, kadang kita melupakan tugas-tugas penting dan menumpuknya di akhir, yang kemudian berakibat terhadap nilai kita.

2. Buat life schedule

Life schedule dapat dibuat dalam tabel sederhana, atau seperti planner yang dijual di toko buku, atau menggunakan aplikasi kalender seperti Google Calendar. Pastikan tanggal-tanggal yang harus kita ingat, gunakan reminder atau catat secara khusus. Sehingga kita dapat merencanakan masa belajar kita. Namun berikan juga waktu untuk bersosialisasi dan tidur yang cukup agar dapat berkonsentrasi untuk belajar.
3. Fleksibel namun realistis

Biasanya, mahasiswa dapat mendedikasikan waktunya 8-10 jam sehari untuk belajar, bersosialisasi, dan lainnya. Setiap minggunya rata-rata waktu yang diperlukan untuk kuliah adalah 36-48 jam, baik pertemuan di kelas, praktikum, tutorial, belajar bersama, tugas kelompok, dll. 
Dan biasanya waktu yang kita pakai lebih lama daripada waktu yang kita rencanakan. Jadi, dalam manajemen waktu, tambahkan waktu extra untuk berjaga-jaga kita akan menghabiskan waktu lebih panjang.

4. Luangkan waktu untuk memahami agar tidak mengulangi

Langkah yang penting dalam manajemen waktu adalah meluangkan waktu untuk memahami pelajaran atau pekerjaan. Luangkan waktu untuk memproses informasi, apa yang ingin kita pahami. Sehingga selanjutnya tidak mengulangi membaca dari awal yang akan menyita waktu.

5. Hindari penundaan (procrastination) dan distraksi

Cara terbaik untuk menghindari menunda-nunda waktu adalah, coba pikirkan tempat-tempat belajar yang paling membuat kita fokus? Dimana yang paling banyak distraksi? Bagaimana cara membuat belajar agar lebih menyenangkan?
Ingat, bahwa cara belajar terbaik orang lain belum tentu cocok untuk kita. Ada yang lebih senang belajar sendirian di tempat yang tenang, ada juga yang lebih senang belajar kelompok.

6. Olahraga untuk menjernihkan pikiran di sela-sela belajar

Percaya atau tidak, efek olahraga sama dengan tidur. Olahraga dan tidur dapat membuat pikiran lebih fokus, menjernihkan pikiran dan meningkatkan kekuatan pikiran untuk belajar. Jika kamu belum terbiasa berolahraga, cobalah 10 menit berlari-lari kecil, lalu kemudian ditingkatkan seiring berjalannya waktu.

7. Apakah rencana kita sudah efektif?

Review dan evaluasi terus rencana kita. Apakah perlu perubahan, apakah sudah mencakup waktu yang kita habiskan untuk teman dan keluarga. 

(diterjemahkan dan sedikit modifikasi dari https://www.topuniversities.com/blog/7-time-management-tips-students
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini